November 10, 2015

Kecewa


Saat kecewa, kita menjadi malas ngapa-ngapain. Malas membalas percakapan, malas menanggapi pertanyaan, bahkan malas memaafkan. Kecewa ga membuat kita marah. Cenderung menyalahkan diri sendiri daripada orang lain. Saya sendiri membutuhkan waktu kurang lebih seminggu untuk lepas dari syndrom of kecewa, dan berusaha terus saya kurangi. Walau mesti pakai topeng.

Belum lagi klo yang ngecewain kita yang terkasih, pujaan hati, teman dekat, atau bos. Klo udah kyk gini saya milih kalistenik. Belum lupa kan sama hukum kekekalan energi? Dijadiin status, percuma, informasi ga tersampaikan, lah yang ngecewain juga ga sadar udah ngecewain kita. Disampaiin langsung, sama saja, yang ngecewain kita ga ngerasa pernah ngecewain kita. Ntar malah makin besar masalahnya. Sama, diri sendiri juga sering kan ga sadar udah ngecewain orang lain?

Tanya why ga menyelesaikan masalah, apalagi menghukum orang yang membuat kita kecewa. Salah sendiri terlalu berharap, salah sendiri terlalu percaya, terlalu bergantung, terlalu sayang! Pilihan jatuh pada berdamai dengan diri sendiri, memaafkan diri sendiri. Padahal memaafkan diri sendiri lebih susah daripada memaafkan orang lain, tapi gimana ya, aman, ga malu-maluin. Citra terjaga. Ini yang penting, citra!

Saya teringat nasihat seorang biarawati, katanya wajib bagi setiap orang mempunyai ruang khusus di hatinya sebagai tempat sampah. Sampah sakit hati, sampah kekecewaan. Analogi ga elok meski bermakna kontekstual - ya iyalah, klo tempat sampahnya penuh gimana? Tapi dipaksa-paksain ajalah, don't burn the bridge kan ya?

  - FTY

No comments:

Post a Comment