August 10, 2012

Bagaimana Hewan Merawat Gigi


Smiling Monkey

Saya pernah bertanya-tanya, gimana sih hewan merawat giginya? Dibandingkan dengan saya, yang teratur membersihkannya, kadang tetap saja harus berurusan dengan dokter. Melihat anjing saya yang menggaruk menggunakan mulutnya, saya membuat proposisi, mungkin dengan bantuan bulu-bulunya, begitulah hewan menyikat gigi. 
Lha? Bagaimana untuk hewan tak berbulu seperti ikan?
Mempunyai kesempatan bertanya pada seorang dokter gigi, saya mendapat jawaban yang cukup memuaskan.

Hewan, khususnya mamalia, yang mempunyai karies gigi juga ada. Tapi relatif lebih jarang antara lain karena jenis makanan yang dikonsumsi rendah karbohidrat (penyebab utama karies adalah karbohidrat). Dan untuk karnivora, bentuk gigi-giginya yang runcing, seperti pada ikan, anjing, atau kucing, membuat sisa makanan jarang menempel di gigi. Bedakan pada gigi geraham manusia yang berbentuk kubus yang sering membuat sisa makanan menempel pada permukaan gigi.

Paket Alat Snorkling Rp 830.000

No comments:

Post a Comment