May 18, 2012

Parsimony


Suara Rumput Liar

Akhir-akhir ini saya mulai berpikir mengenai kesemrawutan bangsa kita tercinta ini. Mungkin yang fenomenal belakangan ini geng motor, kalau memang polisi biasa ga bisa mengatasi, langsung aja turunin Densus 88. Keputusan ini saya pikirkan setelah menonton Tropa de Elite, yaitu bercerita tentang betapa segannya kartel narkoba di Rio de Janeiro terhadap tim S.W.A.T Brazil, BOPE, dibanding dengan polisi biasa.

Mengenai kasus korupsi, why jal pembuktian terbalik ga bisa digunakan sebagai bukti untuk menangkap para koruptor? “HARUS BISA DONG! SAYA SEBAGAI PRESIDEN MEMPUNYAI HAK PREROGATIF. LAKSANAKAN!” Setelah itu sita seluruh hasil korupsinya. Mengenai istri Nazaruddin, saya minta alasan kenapa ga bisa ditangkap. “Segera, atau kamu saya mutasi!”

Mengenai kegiatan OPM, emang sampai di mana kemampuan tentara kita? Kalau alasannya melanggar HAM, kata siapa? Internasional? Takut, atau takutnya karena ntar ga lagi dapetin bantuan? Lagi-lagi yang kayak gini. Rakyat jangan dikorbanin lho, ini senjata api yang digunain, berarti bukan sipil lagi, ga main-main. Kalau kita terus-terusan takut karena alasannya justifikasi asing, kita ga pantas disebut bangsa berdaulat. Atau mungkin karena keluarga kamu ga ada di Papua? Kendala dalam orientasi medan? Kamu dulu sekolahnya ngapain? Atau gantian aja, kamu ngerjain skripsi saya, saya yang pergi berburu OPM. Apalagi pasukan khusus kita juga sepertinya tangannya udah gatal ngurusin ginian. “Lebih baik pulang nama daripada gagal dalam tugas.”

Mengenai klaim Malaysia terhadap wilayah kita, saya jadi teringat peristiwa Pengeboman MacDonald House. Memang mahal yang harus dibayar, tapi setidaknya kita sudah belajar. Begitu juga dengan para pahlawan devisa kita, kalau memang mereka salah, jangan sampai dihukum mati dong. Gimana sih kita? Kalau memang anak buah ga bisa diharapkan, bosnya harus bisa dong. We are friend right? Right. Please forgive them, I promise will never terulang again.

Garam diimpor bukan karena petaninya ga bisa berproduksi lebih, regulasi kalian aja yang sontoloyo. Air laut dimasak, dikasih yodium, jrennggg, jadi deh garam cair. Kalau masalah bahan pangan lain, maaf, saya perlu bantuan. Ga bisa dipungkiri, beras sudah menjadi pangan pokok hampir seluruh penduduk kita, dengan angka pertumbuhan penduduk yang tinggi dengan luas lahan yang segini-segini aja, alhasil kita perlu teknologi canggih yang efektif dan efisien, ga asal-asalan. Mengenai sistem Ujian Nasional, saya percaya dengan kemampuan siswa-siswi kita. Yang saya khwatirkan dengan sistem komputerisasinya. Sialan, jawaban benar, karena ngelingkarnya ga sempurna, salah. Apa-apaan coba? 

Eh, tunggu. Tapi jelas saya ga mau disamain sama pak Zuki!

  - TES

No comments:

Post a Comment