April 16, 2013

Caduceus & Staff of Asclapius


Ceduceus & Staff of Asclepius

Tau ga, lambang dalam dunia kedokteran yaitu sebuah tongkat dan ular - yang tepat - disebut 'staff of asclapius.' Staff of asclapius - disebut juga rod of asclepius - merupakan tongkat dewa Asclapius, dewa pengobatan dan penyembuhan Yunani. Staff of Asclapius diketahui dengan sebuah tongkat dan seekor ular yang melingkarinya.

Ada juga yang biasa dipakai, yaitu 'caduceus', yang merupakan tongkat dewa Hermes, dewa Yunani pelindung para pedagang. Caduceus diketahui dengan sebuah tongkat dan dua ekor ular yang melingkarinya, serta sepasang sayap kecil pada pangkalnya. Jadi, sebenarnya, merupakan kekeliruan jika menggunakan caduceus sebagai lambang dari dunia kedokteran. Misalnya lambang korps Kedokteran Kepolisian Polri, menggunakan caduceus. Terus kenapa? Ya gapapa sih, get over it. Penggunaan caduceus sebagai lambang kedokteran juga dipakai secara luas di belahan lain dunia sebagai lambang kedokteran. Misalnya, di Amerika Serikat dipakai oleh U.S. Army Medical Corps.

 
                             Dokpol Polri                    U.S. Army Medical Corps              

Kenapa sih tongkat? Kenapa sih ular? Mau tau? Rahasia! Hahah..

Di dunia ini juga ada yang namanya 'bowl of hygieia,' digunakan sebagai lambang farmasi. Hygieia merupakan dewi higenitas, putri Asclepius.



Bowl of Hygieia

Paket Alat Snorkling Rp 830.000

No comments:

Post a Comment