October 5, 2012

Jawaban atas Teka-teki Einstein





Einstein, Albert Einsten, pernah membuat sebuat teka-teki yang diklaim orang banyak hanya sekitar dua persen dari penduduk dunia yang mampu menjawabnya.

Kurang lebih isi teka-teki tersebut adalah sebagai berikut:
Terdapat lima buah rumah yang masing-masing memiliki warna berbeda. Dan setiap rumah dihuni seorang pria dengan kewarganegaraan yang berbeda. Masing-masing menyukai satu jenis minuman tertentu, merokok dengan satu merk rokok tertentu dan memelihara satu jenis hewan tertentu.
Tidak ada satu pun dari kelima orang tersebut yang menyukai minuman yang sama, merokok dengan merk rokok yang sama, dan memelihara hewan yang sama.
Orang Inggris tinggal di rumah dengan warna merah.
Orang Swedia memelihara anjing.
Orang Denmark menyukai meminum teh.
Rumah berwarna hijau terletak di sebelah rumah berwarna putih.
Penghuni rumah berwarna hijau suka meminum kopi.
Orang yang merokok dengan merk Pall Mall memelihara burung.
Penghuni rumah yang terletak di tengah suka minum susu.
Penghuni rumah berwarna kuning merokok Dunhill.
Orang Norwegia tinggal di rumah paling pertama.
Orang yang merokok Marlboro tinggal di sebelah orang yang memelihara kucing.
Orang yang memelihara kuda tinggal di sebelah orang yang merokok Dunhill.
Orang yang merokok Winfield suka minum bir.
Di sebelah rumah berwarna biru tinggal orang Norwegia.
Orang Jerman merokok dengan merk Rothmans.
Dan orang yang merokok dengan merk Marlboro bertetangga dengan orang yang minum air.

Teka-tekinya adalah, "Siapakah yang memelihara ikan?"

Dengan analisis deskriptif menggunakan tabel beberapa orang telah dengan mudah menemukan jawabannya, dan jawaban mereka adalah orang Jerman.

Terus terang, saya sama sekali belum tahu bagaimana caranya - dan saya mulai ga peduli - untuk mendapatkan jawaban atas teka-teki tersebut. Langkah pertama yang saya coba gunakan adalah petunjuk mengenai posisi rumah, yaitu bahwa penghuni rumah di tengah suka minum susu. Kemudian bahwa rumah pertama dihuni oleh orang Norwegia, dan di sebelah rumah orang Norwegia tersebut terdapat rumah berwarna biru. Dan setelahnya, serius, saya ga tau lagi harus bagaimana mengambil keputusan logis atas rumah berwarna hijau yang berada di sebelah rumah yang berwarna putih, orang Inggris yang tinggal di rumah berwarna merah, rumah berwarna apa atau siapa yang suka minum susu, apakah rumah berwarna putih atau orang Inggris yang suka minum susu? Dan lain sebagainya.


 
Nah loh, bukankah bisa saja rumah berwarna putih menyukai minum susu? Bukankah bisa saja orang Inggris dengan rumah berwarna merah yang ternyata menyukai meminum susu? Relatif.

Fuck you! Akhirnya, think out of the box, saya rasa Einstein telah mempermainkan sekitar dua persen penduduk dunia tersebut dengan 'teori relativitas.'

Jadi, pesan moral yang mungkin bisa saya berikan berdasarkan tulisan ini adalah, jadilah orang yang rendah hati. Hahahah..

*Eh, klo ada yang tau jalan pikirnya di-sharing dong.


Referensi: RAHASIA

No comments:

Post a Comment