December 16, 2011

Mencoba untuk Berubah, dengan Membaca & Menulis


"Sometimes, I feel so cemburu with my friends, with the people. With the good pandangan, tulisan, melalui blog, status Facebook, atau tweet-tweet mereka.."


Sinclair Lewis
Melalui tulisan Yoga PS dalam Rahasia Terbesar Kepenulisan yang Akhirnya Saya Ketahui di Kompasiana, diceritakan bahwa Sincalir Lewis, sastrawan pertama asal Amerika Serikat yang menerima nobel, suatu hari memberikan ceramah kepada sekelompok mahasiswa.

Lewis memulai ceramahnya dengan bertanya, "Siapa diantara kalian yang sungguh-sungguh ingin menjadi penulis?"

Semua mahasiswa mengangkat tangannya.

“Kalau begitu, apa yang kalian lakukan disini? Nasihat saya adalah, pulanglah ke rumah, lalu menulis, menulis, dan menulis...” Kata Lewis sambil memasukkan kembali catatan-catatannya kedalam saku dan meninggalkan ruangan. (Menurut saya, sepertinya si Lewis lagi malas memberikan ceramah. Hahah..)

Dari cerita tersebut, PESAN MORAL yang saya dapatkan adalah, "Udah, langsung nulis aja. Teori from the back."


*) Eh, Sinclair Lewis berpulang akibat ALKOHOLISME. Yaitu kecenderungan meminum KOPI yang berlebihan, sama seperti saya. Hahahah..

No comments:

Post a Comment