February 21, 2023

Pram dan Joesoef


Sampe mati, Pram dan Joesoef ga ngomongan. Ga bertegur sapa, ga temanan. Kita tahu kenapa, tapi begini jawaban Joesoef ketika ditanya: Versi saya tidak penting.

Kira-kira maksud Joesoef begini:
Ga perlu lagi diingat-ingat konflik yang lalu, alasan kenapa kita ga ngomongan. Buat saya, apa pun alasan atau jawaban yang kita kasih, akan menjadi jelek sekali karena kita sudah mengakui kesalahan kita atau meminta maaf. Meski ga dimaafkan, kan pasti ada rasa bersalah itu? Trauma yang jelek sekali klo mesti diingat-ingat?

Mungkin kalimat-kalimat di atas ga bisa menggambarkan apa yang saya rasakan. Ini ditulis bukan kerena menyambut ... , cuma ya karena udah bareng, udah ketawa-ketawa, konflik itu diungkit lagi. Perasaan saya jelek sekali. Saya pikir diksi itu saja yang pas. Sekalipun saya yang benar, perasaan saya pasti jelek sekali memberikan jawaban karena sudah saya maafkan. Masa kita mesti seperti Pram dan Joesoef?

Ga mau kan seperti Pram dan Joesoef? Ga mau kan ... ?

 - KNT

No comments:

Post a Comment